Jenis-jenis KRL di Jabodetabek

Berikut ini saya tampilkan beberapa Jenis-jenis KRL yang melintas di Jabodetabek. Begitu banyak ragam jenis, model, serta tampilan KRL Jabodetabek ini. Jenis-jenis KRL di Jabodetabek ini saya kutip dari kaskushootthreads.blogspot.co.id untuk sekedar menambah pengetahuan para pembaca http://postingan-aku.blogspot.co.id/. Langsung aja nih kita simak.

Jenis-jenis KRL di Jabodetabek

Spoiler for TOEI 6000KRL ini Hibah dari jepang pada tahun 2000 , di Jepang KRL ini mengawali dinas nya pada tahun 1968 dan KRL ini rasa nya panas atau biasa disebut sauna berjalan








Spoiler for Tokyu Denentoshi 8000/8500KRL ini Beli dari jepang pada tahun sekitar 2004 , di jepang KRL ini mengawali dinas nya pada tahun 1975 dan KRL ini rasa nya Hangat




Spoiler for JR East seri 103KRL ini Beli dari jepang pada tahun 2004 , di jepang KRL ini mengawali dinas pada tahun 1964 dan KRL ini dulu nya pernah menyandang sebagai KRL terdingin di lintasan





Spoiler for JR East seri 203KRL ini di Hibah dari Jepang pada tahun 2011 , di jepang KRL ini mengawali dinas pada tahun 1982 dan AC KRL ini dingin loh gan pada salah satu rangkaian (JR 203-1) suara nya seperti pesawat jet loh






Spoiler for Tōyō Rapid seri 1000Sebener nya KRL ini hasil Korupsi oleh mantan dirjen kereta KRL ini di Beli pada tahun 2006 , di jepang KRL ini mengawali dinas pada tahun 1960an dan KRL ini rasa nya lumayan dingin






Spoiler for Takya Metro seri 05KRL ini di Beli pada tahun 2010 , di jepang KRL ini mengawali dinas pada tahun 1988 dan KRL ini dingin dan mempunyai suara khas seperti nyamuk bila berjalan eits jangan salah KRL ini memiliki teknologi canggih loh





Siap dikirim ke Indonesia




Spoiler for Takya Metro seri 5000Di Beli pada tahun 2004 , di jepang KRL ini mengawali dinas nya pada tahun 1964 dan KRL ini rasa nya hangat ada 1 set bernama Djoko Vision yang di dalam kereta nya ada TV dan suara pemberitahuan loh





Djoko Vision





TV Djoko Vision yang menampilkan posisi KRL




Spoiler for Takya Metro seri 6000/7000KRL ini Beli pada tahun 2010 , di jepang KRL ini mengawali dinas pada tahun 1968 dan KRL ini rasa nya dingin banget loh jangan salah KRL ini memilik teknologi canggih seperti saudara nya Tokyo Metro 05 loh
6000 series



7000 series




Spoiler for KRL i9000 KfW-Bombardier-INKAKRL i9000 mulai diproduksi tahun 2010 oleh INKA madiun loh gan jadi KRL ini hasil karya anak bangsa loh AC nya dingin tapi suara nya dan hentakan roda nya itu yang tidak enak gan




Spoiler for JR 205 (Baru Datang)Spoiler for Japan Railways 205 series (JR205)Pada bulan November 2013, sebanyak 50 dari 180 unit KRL seri 205 pesanan PT. Kereta Api Commuter Jabodetabek telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta yang dikirim melalui pelabuhan Niigata. Rencananya KRL ini akan dioperasikan di jalur komuter Jabodetabek untuk menambah jumlah perjalanan, dan menggantikan unit-unit KRL yang memiliki masalah dalam pendinginan ruangan. KRL yang tiba di Indonesia adalah tipe 205-0 yang dulunya pernah beroperasi di jalur Saikyō dan memiliki unit kereta dengan 6 pintu pada setiap sisinya, selain unit kereta standar dengan 4 pintu pada setiap sisinya.



Spoiler for 1. Kursi Yang Dapat DilipatNah JR205 ini memiliki kursi yang dapat dilipat loh , beda dari semua KRL yang pernah beroprasi di lintas JABODETABEK.
(Jangan Pernah Menarik Paksa Kursi Karena Dari Kabin Masinis Tidak Akan DiBuka Kursinya!!)



Spoiler for 2. Dilengkapi CCTVSelain itu KRL ini dilengkapi CCTV untuk meningkatkan keamanan di dalam kereta tetapi tidak semua kereta ada



Bila terjadi kecelakaan!!Spoiler for Tuas Pembuka Pintu Untuk kereta yang dengan kursi yang dapat dilipat tuas nya beda , letak nya ada dia atas pintu



(KRL non AC)
Spoiler for BN-HolecKRL Holec adalah unit KRL ekonomi termuda yang masih digunakan (meski tidak sebanyak dulu). KRL ini dibuat oleh Belanda dan melayani rute Ekonomi. Dari seluruh rangkaian ekonomi yang ada, KRL Holec tergolong paling sulit dirawat. Selain karena masalah suku cadang yang susah dicari (pabriknya sendiri sudah lama tutup), KRL ini pun juga sering mengalami mogok karena kelebihan beban. Sehingga banyak KRL eks Holec yang rusak, dijadikan KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik) yang dioperasikan di beberapa kota di luar Jakarta. "Rekondisi" KRL Holec adalah KRDE yang dioperasikan di rute Yogyakarta-Solo (Prameks),Padalarang-Cicalengka (Baraya Geulis),Tanjung priok-tegal (kaligangsa express),dan Purwokerto-magwuo(maguwo express).Dan sekian lama krl Bn holec tidak terlihat masih ada kok di PT.INKA masih dengan wujud KRL hanya saja memakai ac dan wajah berbeda.


(Dan ini foto KRD ex BN Holec)



Spoiler for Rheos Sebagian besar rangkaian yang digunakan adalah buatan Jepang dari tahun 1976 sampai tahun 1987 dengan teknologi rheostat. Umumnya, KRL ini dibuat oleh perusahaan Nippon Sharyo, Hitachi dan Kawasaki dari Jepang, untuk melayani kelas KRL Ekonomi. Untuk KRL rheostat buatan pabrik Nippon Sharyo tahun 1987 (lihat gambar tiga KRL,paling kanan), rangkaian ini dulunya melayani rangkaian Pakuan Ekspres tahun 90-an. Setelah KRL Hibah (Tōei seri 6000) datang, KRL ini mulai terlupakan dan dijadikan rangkaian KRL Ekonomi. Khusus untuk KRL Rheostat yang datang pada tahun 1986-1987, bodinya sudah stainless steel dan merupakan KRL AC pertama di Indonesia. Untuk KRL buatan Nippon Sharyo tahun 1976, kereta ini sudah dicat ulang beberapa kali dari warna lamanya. Semula berwarna merah polos dengan 'wajah' kuning terang, kemudian putih-hijau (lihat gambar tiga KRL, paling kiri), dan kini kuning kecoklatan. Kedua KRL ini mulanya seperti KRL Ekonomi AC atau Ekspres, yakni pintunya dapat tertutup secara otomatis, dan cukup nyaman. Namun, seiring berjalannya waktu kedua KRL ini menurun kondisinya menjadi seperti sekarang ini.

Mulai 2010, KRL ini menggunakan skema warna putih dengan garis oranye di tengah. Pada 2009, juga telah dioperasikan KRL dengan modifikasi kabin, yang bernama "Djoko Lelono"






Spoiler for HitachiKRL ini dibuat pada tahun 1997 di PT INKA bekerjasama dengan Hitachi, dibuat sebanyak 64 unit (8 set) berteknologi VVVF. Kereta ini memiliki ciri yang khas yaitu ketika mulai bergerak sangat halus dan tidak menyentak. Jenis KRL ini adalah yang digunakan untuk Pakuan Ekspres kelas bisnis sampai akhirnya turun tingkat ketika era Tōei seri 6000 datang dari Jepang.




Spoiler for ABB Hyundai KRL ini dibuat atas kerjasama antara PT INKA dan Hyundai,dirakit di PT INKA pada tahun 1985-1992 dibuat sebanyak 8 gerbong (2 set) berteknologi VVVF dan disebut-sebut merupakan prototype kereta maglev yang dikembangkan Hyundai untuk jalur Seoul-Pusan. Saat ini KRL ABB Hyundai telah dikonversi menjadi KRDE dan beroperasi di jalur Surabaya-Mojokerto (Arek Surokerto).


Arek Mojokerto

Quote:Sumber dari berbagai sumber

0 Response to "Jenis-jenis KRL di Jabodetabek"

Post a Comment