Cara Mempercepat Respon keyboard Android

Berikut cara untuk Mempercepat Respon keyboard Android semoga dapat bermanfaat.

Cara pertama mempercepat respon keyboard Android

Membersihkan cache dari aplikasi yang terinstall. Untuk membersihkan cache dapat dilakukan dengan menginstall aplikasi History Eraser, misalnya buatan INFOLIFE LLC. Berikut cara menggunakannya:
  • Install terlebih dahulu Aplikasi History Eraser dari Android Market
  • Beri tanda centang pada tulisan “Clear All Apps Cache” (lihat gambar dibawah). Anda dapat juga memberi tanda centang pada pilihan yang lain jika diinginkan. klik Clean Selected
Cara Mempercepat Respon keyboard Android

Aplikasi History Eraser
Catatan: Perhatikan dimana Anda memberi tanda centang. Contohnya jangan memberi tanda centang pada bagian SMS jika Anda tidak ingin menghapus SMS yang tersimpan.
Baca jaga artikel terkait :

Cara kedua mengatasi keyboard Android yang lemot

Yang kedua adalah dengan cara meng-uninstall aplikasi-aplikasi Android yang tidak terlalu diperlukan. Berikut dua keuntungan jika Anda hanya menginstall aplikasi-aplikasi yang benar-benar diperlukan saja:
  • Bila tidak terlalu banyak aplikasi yang terinstall, maka sisa memori telepon akan semakin banyak. Pada umumnya handhone Android yang memori internalnya tidak kepenuhan akan bekerja lebih baik atau stabil.
  • Semakin sedikit aplikasi yang terinstall, maka kemungkinan terjadi masalah yang diakibatkan oleh aplikasi semakin kecil.
Aplikasi-aplikasi yang dibuat hanya untuk keindahan saja, misalnya live wallpaper, launcher dengan efek animasi 3D,font changer (mengganti tampilan huruf), dll bisa menyebabkan processor handphone bekerja ekstra dan membuat ponsel Android menjadi lambat. Jadi bila Anda ingin hp Anda menjadi cepat kembali saat digunakan untuk mengetik, disarankan agar menguninstall aplikasi-aplikasi tersebut.

Selain itu, jangan terlalu banyak menginstall aplikasi media sosial atau aplikasi chatting yang terlalu banyak. Pilih saja hanya beberapa media sosial yang paling sering anda gunakan. Karena aplikasi social media adalah jenis apps yang selalu standby walaupun tidak digunakan dan hal ini akan menggunakan baik RAM maupun CPU dari ponsel Android.

Demikian juga halnya dengan aplikasi AntiVirus (AV). Sebaiknya hanya menginstall satu saja AntiVirus di Android untuk menghindari konflik antara AV yang satu dengan yang lain. Dan juga aplikasi ini selalu aktif yang akan menggunakan daya CPU.

Bila Anda merasa sayang atau tidak rela untuk menguninstall aplikasi-aplikasi yang tersimpan saat ini, maka Anda perlu mengingat-ingat handphone menjadi lambat setelah menginstall aplikasi Android apa. Jika sudah ingat, maka Anda hanya cukup uninstall aplikasi tersebut saja dan perhatikan apakah saat digunakan mengetik sudah normal kembali atau tidak lemot.

Sebagai informasi, Anda dapat membackup dulu aplikasi sebelum di uninstall. Jadi sewaktu-waktu diperlukan, aplikasi tersebut dapat diinstall kembali.

Cara ketiga mengatasi Keyboard Android yang lambat merespon

Cara ketiga untuk membuat handphone Android tidak lemot saat digunakan untuk mengetik adalah dengan cara menginstall keyboard alternatif. Cara ini memang tidak selalu efektif, tapi bisa di coba juga. Salah satu keyboard alternative yang patut dicoba adalah “A.I.type Keyboard”. Bila sudah dicoba menggunakan A.I.type Keyboard masih lemot juga, coba install keyboard lain dan cari yang paling “enteng” atau responsif.

Cara keempat untuk membuat keyboard Android responsif

Cara keempat adalah dengan menginstall aplikasi Watchdog Task Manager. Dengan aplikasi ini Anda dapat memantau aplikasi mana saja yang menggunakan CPU secara berlebihan. Bila ada suatu aplikasi yang menggunakan lebih dari 20% CPU, padahal aplikasi tersebut tidak terlalu penting, maka sebaiknya aplikasi tersebut di “kill” atau dimatikan. 

Cara kelima mengatasi Keyboard Android yang lambat mengetik

Reboot atau restart handphone / Tablet Android Anda. Note: Reboot = mematikan lalu menyalakan lagi perangkat Android. Caranya tekan dan tahan tombol power (on-off) > klik Power Off / Turn Off / Matikan Ponsel. sumber : gadoga.com

0 Response to "Cara Mempercepat Respon keyboard Android"

Post a Comment