Cara Agar Main Game di Laptop tidak Lemot

Cara Agar Main Game di Laptop tidak Lemot - Game saat ini sudah menjadi trend dan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Begitu banyak pilihan game yang bisa disesuaikan dengan selera kita. Namun terkadang, game yang kita mainkan di laptop sering lemot. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu dan terasa menjengkelkan di saat bermain game. Nah untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan beberapa cara dasar yang perlu diketahui. Lalu apa saja cara agar laptop tidak lemot saat main game?

Cara Agar Main Game di Laptop tidak Lemot

Meskipun memiliki kualitas hardware yang memadai, laptop juga memerlukan cara perawatan yang baik dan benar agar awet meski digunakan dalam jangka waktu lama. Seringkali beberapa permasalahan juga turut menghampiri kepada para pengguna ketika bermain game. Permasalahan tersebut seperti laptop menjadi lemot atau sering keluar sendiri di saat asik bermain game.

Berikut ini tutorial atau Cara Agar Main Game di Laptop tidak Lemot. Langsung saja kita simak ulasan berikut ini!

Cara Agar Main Game di Laptop tidak Lemot
Periksa Spesifikasi Laptop yang Anda Gunakan
Spesifikasi laptop sangat berpengaruh terhadap kelancaran ketika bermain game. Setiap game memiliki spesifikasi yang dibutuhkan untuk menunjang penggunaan. Sebagai contoh untuk memainkan game HD seperti game perang atau sepak bola paling tidak membutuhkan RAM minimal 2GB atau lebih, prosesor minimal Core i3, maupun grafis tambahan seperti Nvidia atau AMD. Dengan begitu bermain game akan terasa lebih lancar dengan dukungan spesifikasi yang memadai.

Matikan Aplikasi Lain yang Sedang Berjalan
Sama halnya di Android, cara agar laptop tidak lemot saat bermain game berikutnya adalah dengan mematikan aplikasi yang sedang berjalan. Tutup segala aplikasi yang sedang berjalan, ketika Anda gunakan untuk bermain game. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi kinerja dari RAM, prosesor, atau VGA agar tidak terlalu terbebani. Dengan hanya membuka game yang dimainkan laptop akan lebih ringan dibanding sambil membuka aplikasi lain.

Update VGA Laptop Anda
Untuk laptop yang menggunakan grafis eksternal seperti Nvidia atau AMD biasanya akan mendapatkan update secara berkala secara resmi. Untuk proses update biasanya perlu membutuhkan koneksi internet. Proses update grafis tersebut sangat berguna untuk mendukung versi game baru yang bisa dimainkan atau untuk memaksimalkan kinerja dari grafis tersebut.

Bersihkan Cache Terlebih Dahulu
Cara agar laptop tidak lemot saat bermain game berikutnya adalah dengan membersihkan cache terlebih dahulu. Cache akan timbul akibat dari membuka banyaknya aplikasi, berselancar di internet, dan banyak lagi. Untuk mengatasi hal tersebut bersihkan dengan aplikasi cleaner secara berkala atau sebelum bermain game.
Selain cara mengatasi, lebih baik juga mengetahui apa saja penyebab laptop menjadi lemot atau sering keluar sendiri saat bermain game.

Spesifikasi yang Kurang Memadai
Penyebab laptop lemot atau keluar sendiri saat bermain game bisa disebabkan karena spesifikasi yang kurang memadai. Nah ketika spesifikasi kurang memadai sebaiknya jangan terlalu memaksakan agar laptop tidak rusak.

Terlalu Banyak Program yang Terpasang
Banyaknya progam yang terpasang juga turut menyebabkan laptop kurang maksimal ketika digunakan bermain game. Terlebih lagi jika partisi di C yang digunakan untuk meng-instal aplikasi hampir penuh. Untuk itu cara terbaik adalah menghapus aplikasi atau menambah partisi dengan menggunakan software khusus seperti EASEUS, atau lainnya.

Semoga Cara Agar Main Game di Laptop tidak Lemot ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.
Sumber : tech.dbagus.com

0 Response to "Cara Agar Main Game di Laptop tidak Lemot"

Post a Comment