Inilah 2 Program Bansos yang dilanjutkan Menteri Sosial Tri Rismaharini

Jakarta - Program bantuan sosial (bansos) akan berlanjut hingga 2021. Program ini langsung ditangani oleh kementerian. Bansos tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu bansos reguler dan bansos khusus.

Jika data yang digunakan untuk penyaluran sudah rampung, bantuan tersebut sudah dapat disalurkan kepada masing-masing penerima pada pekan pertama Januari 2021.

Berikut ini Program Bansos yang dilanjutkan Menteri Sosial Tri Rismaharini


Bansos Rp200 Ribu per Bulan

Risma menjelaskan bansos reguler terdiri dari program keluarga harapan (PKH) dan program sembako untuk keluarga penerima manfaat (KPM) non PKH. Bentuknya berupa bantuan pangan non tunai (BPNT) dengan besaran Rp200 ribu per bulan.

Targetnya adalah 18,8 juta KPM. Penyalurannya dilakukan secara langsung dari himpunan bank milik negara (Himbara) ke rekening KPM. "Itu akan diberikan sepanjang Januari hingga Desember," tutur Risma.

BLT Rp300 Ribu per Bulan

Sedangkan bansos khusus merupakan bantuan sosial tunai (BST) yang diberikan selama enam bulan dan ditargetkan kepada penerima bansos Jabodetabek serta KPM program sembako non PKH.

Artinya program bansos yang tahun ini berupa sembako akan berubah sepenuhnya menjadi bantuan langsung tunai (BLT) di tahun depan.

Jumlah penerimanya mencapai 10 juta orang dengan besaran bantuan per bulan sebesar Rp300 ribu per bulan selama Januari hingga April 2020. "Ini seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek," kata Risma.

Inilah 2 Program Bansos yang dilanjutkan Menteri Sosial Tri Rismaharini

Penyalurannya dilakukan secara langsung oleh petugas PT Pos Indonesia ke alamat masing-masing penerima. "Itu diberikan pemerintah selama empat bulan, jadi tidak utuh selama satu tahun seperti PKH," terangnya.

Sumber : cnnindonesia.com

0 Response to "Inilah 2 Program Bansos yang dilanjutkan Menteri Sosial Tri Rismaharini"

Post a Comment